Rabu, 10 November 2010

Musik Seriosa

1. Pengertian
    Lagu seriosa merupakan jenis musik seni untuk seni,yang diutamakan adalah nilai artistik bukan nilai finansial.Jenis kesenian seperti ini, kelastarian dan pengembangannya menjadi tanggungjawab pemerintah. Berbeda dengan jenis lagu hiburan,yang diutamakan adalah selera masyarakat dan nilai finansia. (http://www.docstoc.com/docs/22794675/SEJARAH-PERKEMBANGAN-LAGU-SERIOSA-INDONESIA)

2. Sejarah
   Lied German adalah komposisi musik vokal German,
memiliki tiga bentuk lagu: strophic,through-composed dan songcycle.
Masuk ke Indonesia, dibawa oleh Bangsa Belanda pada abad16. Keberadaannya memberi inspirasi bagi para pencipta lagu bangsa Indonesia, sehingga berpengaruh terhadap lahirnya lagu seriosa. Lagu seriosa adalah komposisi musik vokal Indonesia, sebagai adaptasi lied German.
Lahir di Indonesia tahun 1930-an, dipelopori oleh Cornel Simanjuntak. Lagu seriosa mengandung nuansa musik Nusantara, dan idiom musik Indonesia. Sarat dengan muatan budaya, historis, dan nilai nasionalisme Indonesia. Karenanya menjadi  lagu khas Indonesia,dan sebuah genre musik di Indonesia.
(http://www.docstoc.com/docs/22794675/SEJARAH-PERKEMBANGAN-LAGU-SERIOSA-INDONESIA)

3. Perkembangan Musik
    Pasang surut sejarah perkembangan lagu seriosa , sangat dipengaruhi oleh perkembangan situasi politik ,sosial dan teknologi diIndonesia . Dalam hal ini kebijakan pemerintah pada masa-masa tertentu ,kondisi pendidikan musik, perkembangan application music technology dan media elektronik berpengaruh terhadapnya. Lagu seriosa hingga kini masih menjadi media pembelajaran musik vokal yang efektif dipendidikan tinggi maupun sekolah musik negeri dan swasta. Dikarenakan kandungan nilai artistik yang khas Indonesia dan teknik produksi suaranya menggunakan dua gaya bernyanyi Jerman dan Itali .Hingga kini masih eksis pada pergelaran musik klasik ,walaupun tidak menjadi sajian utama.(http://www.docstoc.com/docs/22794675/SEJARAH-PERKEMBANGAN-LAGU-SERIOSA-INDONESIA)
    Mungkin sekarang lagu ini banyak di minati dan di kenal ada lagu dengan ada nya salah satu peserta yang memilih membawakan lagu seriosa saat tampil. dengan adanya itu lagu seriosa dikenal dan banyak yang menyukai. sebenarnya lagu seriosa sudah saya kenal tapi hanya lagu-lagu tertentu saja dan itu pun lagu barat semua. Saya sendiri menyukai lagu itu walaupun saya tidak dapat menyanyikan nya, bagi saya lagu seriosa yang berciri khas slow ini sangat menenangkan hati dan dapat menjernihakan pikiran.

4. Penyanyi dan Lagu
    Penyanyi : Pranajaya, Prananingrum, Aning Katamsi, Siti Chairani Proehoeman.
    Lagu       :  Melati suci, Mekar melati

1 komentar: